Powered By Blogger

Jumat, 08 April 2011

SEMANGAT DALAM MENCARI ILMU


Tema : Ilmu
SEMANGAT DALAM MENCARI ILMU
Ibnu Muharram al-Aamilu Muzaari’i*

Anak-anakku yang ibu/bapak banggakan!
Adanya semangat yang membara, tekad yang kuat, serta usaha yang sungguh-sungguh dalam mencari ilmu adalah satu hal yang wajib ada dalam hati kalian, agar kalian dapat berhasil dalam belajar, mencapai prestasi terbaik, serta menggapai cita-cita kalian. Dengan adanya semangat, kalian akan mampu melewati berbagai rintangan dalam belajar. Umpamanya, jika di dalam hati kalian tertanam semangat belajar maka hujan yang turun saat berangkat sekolah tidak akan menyurutkan langkah kalian untuk sampai di sekolah yang kalian cintai ini. Dengan adanya tekad yang kuat, uang jajan yang sedikit jumlahnya tidak akan kalian jadikan alasan untuk bolos sekolah. Serta dengan usaha yang sungguh-sungguh maka kalian akan mampu memahami setiap mata pelajaran.
             Anak-anakku yang ibu/bapak cintai!
Dikisahkan ada seorang sahabat Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam bernama Abu Hurairah Radiallaahu ‘anhu. Beliau adalah seorang sahabat  Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam yang paling banyak mendapatkan ilmu berupa hadits (sabda atau ucapan) dari Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam. Hadits yang Abu Hurairah terima mencapai 5374 hadits, jumlah hadits yang sekian banyak itu, Abu Hurairah mampu menerima, memahami, serta menghafalnya hanya dalam jangka waktu dua tahun saja. Bayangkan anak-anakku!, 5374 hadits ada di kepala Abu Hurairah, padahal beliau belajar kepada Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam hanya dalam jangka waktu dua tahun. Ibu/Bapak ingin bertanya, kalian sekolah sudah berapa tahun? Sudah berapa rumus matematika yang kalian hafal? Sampai dimana pemahaman kalian tentang pelajaran Agama, Sains, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan pelaran yang lainnya? Sudah berapa pelajaran yang kalian fahami?. Semua pertanyaan-pertanyaan ibu/bapak itu harus kalian fikirkan.
Anak-anakku yang ibu/bapak sayangi!
            Abu Hurairah yang hafal 5374 hadits bahkan mampu mengalahkan istri Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam yang bernama Siti Aisyah Radiallaahu ‘anha yang hanya hafal 2210 hadits. Padahal Siti Aisyah adalah istri dari Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam sendiri, istri yang setiap hari hidup bersama Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam. Sedangkan Abu Hurairah bukanlah saudara atau kerabat dari Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam. Abu Hurairah adalah seorang sahabat Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam yang menjadi pelayan di rumah Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam. Subhanallah! Seorang pelayan mampu menjadi sahabat Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam yang paling banyak menerima hadits, hingga Abu Hurairah disegani oleh para sahabat Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam lainnya, sehingga Abu Hurairah memiliki murid berjumlah 300 orang, ketiga ratus orang murid itu dididik langsung oleh Abu Hurairah dan tanpa bantuan siapapun. Subhanallah!, itu adalah gambaran betapa mulianya seseorang yang memiliki banyak ilmu seperti Abu Hurairah.  Lantas, apa rahasianya sampai Abu Hurairah bisa seperti itu? Tiada lain, Abu Hurairah dalam hatinya tertanam tiga sifat yang ibu/bapak bacakan tadi. Yaitu kesatu Abu Hurairah memiliki semangat yang membara, kedua Abu Hurairah memiliki keinginan serta tekad yang kuat, dan ketiga Abu Hurairah memiliki usaha yang sungguh-sungguh. Maka dengan tiga modal itu Abu Hurairah dapat berhasil dalam belajarnya mencari ilmu kepada Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam hingga mengalahkan sahabat-sahabat Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam yang lainnya.
Anak-anakku, para generasi pelanjut perjuangan Negara dan Agama!
Selain Abu Hurairah memiliki semangat yang membara, keinginan serta tekad yang kuat, dan usaha yang sungguh-sungguh, juga ada kunci lain yang menjadikan Abu Hurairah berhasil dalam belajar. Yaitu Abu Hurairah selalu hadir dalam setiap Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan ilmu. Ketika sahabat Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam yang lain ada yang ke pasar, ada yang diam di rumah, ada yang ke kebun, dan yang lainnya, maka Abu Hurairah tetap hadir dan selalu hadir dalam setiap Nabi Muhammad Sallallaahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan ilmu.
Anak-anakku yang ibu/bapak muliakan!
Akan berbeda ilmu yang didapat oleh anak yang semangat dan rajin sekolah dengan anak yang malas dan sering bolos sekolah tanpa alasan yang jelas. Tentunya anak yang semangat dan rajin sekolah akan lebih banyak ilmunya dibandingkan dengan anak yang malas dan sering bolos sekolah.
Anak-anakku yang ibu/bapak banggakan!
Jika kalian ingin berhasil dalam belajar kalian di sekolah yang kalian cintai ini, maka kalian harus memiliki semangat yang membara, tekad yang kuat, serta usaha yang sungguh-sungguh dalam mencari ilmu. Maka kalian akan mampu untuk menjadi pribadi yang sukses, punya banyak ilmu sebagaimana Abu Hurairah yang mampu menghafal 5374 hadits dalam jangka waktu hanya dua tahun. Selain itu, kalian juga harus memiliki sifat rajin serta membuang jauh-jauh sifat malas yang ada dalam diri kalian. Selama kedua kaki mampu untuk melangkah menuju sekolah, berangkatlah sekolah!. Kalian harus bersyukur dapat sekolah dengan mudah dan nyaman, sedangkan teman-teman seusia kalian yang ada di tempat-tempat terpencil di provinsi Papua, NTT, NTB, serta tempat-tempat terpencil lainnya jika berangkat ke sekolah ada yang harus berjalan berjam-jam, melewati sungai, sampai harus berangkat pagi-pagi sekali. Maka kalian harus bersyukur dapat sekolah di sini dengan nyaman, kalian harus mensyukurinya dengan sekolah yang rajin dan belajar yang tekun.
Anak-anakku yang ibu/bapak cintai!
Allah Subhaanahu wa ta’ala dalam al-Qur’an surat al-Mujadilah ayat 11 telah berjanji akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu. Allah berfirman :

Artinya : “niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang- orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
Anak-anakku yang ibu/bapak sayangi!
Semoga kalian termasuk orang-orang yang beriman dan berilmu sehingga Allah Subhaanahu wa ta’ala meninggikat derajat kalian di dunia dan di akhirat. Aamiin. Demikian yang ibu/bapak sampaikan. Semoga bermanfaat.

*e-mail : hanafi_anshory@yahoo.com / Hp. 02291998302

Tidak ada komentar:

Posting Komentar