﴿كتاب المأمورات: باب التقوى: 73﴾
[73] الثالث : عن ابن مسعودٍ رضي الله عنه : أنَّ النَّبيّ صلّى الله عليه و سلّم كَانَ يقول : « اَللَّهُمَّ إنِّي أَسألُكَ الهُدَى ، وَالتُّقَى ، وَالعَفَافَ ، وَالغِنَى » . رواه مسلم .
72 – Ketiga : Dari Ibnu Mas’ud radiyAllahu ‘anhu, bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam Beliau berdo’a: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketaqwaan, menjauhkan diri dari segala hal yang tidak halal dan tidak baik serta kekayaan." Hadits Riwayat Muslim.
تخريج الحديث:
صحيح مسلم: باب التعوذ من شر ما عمل، ومن شر ما لم يعمل (2721)، ابن ماجه: كتاب الدعاء: باب فضل الدعاء (3832) ,موسوعة الحديث النبوي الشريف/-e-book
شرح الحديث:
قوله صلى الله عليه و سلم: " اَللَّهُمَّ إنِّي أَسألُكَ الهُدَى" (بضمّ الهاء) أي الرشاد. قوله صلى الله عليه و سلم: "والتقى" أي امتثال الأوامر واجتناب المعاصي. و قد تقدّم الكلام عن التقوى قريبا. قوله صلى الله عليه و سلم: "والعفاف" من العفة، و هو التنزه عما لا يباح ، و الكف عنه. قوله صلى الله عليه و سلم: "والغنى" أي غنى النفس ، والاستغناء عن الناس و عما في أيديهم و تطلع إلى الغني الحميد الذي له ملك السموات والأرض.,روضة المتقين شرح رياض الصالحين: 1: 115-
Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam “. . .” (dengan huruf hȧ didlammah) yaitu petunjuk yang baik. Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam “. . .” yaitu menuruti segala perintah dan menjauhi segala kemaksiatan. Dan sungguh telah didahulukan pembahasan tentang definisi taqwa sebelumnya. Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam “. . .” dari keinginan yang hina, yaitu suci dari hal-hal yang tidak layak serta menahan diri darinya. Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam “. . .” yaitu kaya hati, serta dicukupkan dari manusia dan dari apa-apa yang ada pada diri mereka serta memandang kepada Yang Maha kaya, Yang Maha terpuji yang bagi-Nya kerajaan langit dan bumi. -Raudlatul Muttaqin syarh Riyadush Shalihin: 1: 115,
و عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم: "ليس الغنى عن كثرة العرض و لكنّ الغنى غنى النفس." رواه البخاري (6446) و مسلم (1051)، و أبو داود و الترمذي (2374) و النسائي. "العرض": بفتح العين المهملة و الراء: هو كلّ ما يقتنى من المال و غيره. ,الترغيب و الترهيب: كتاب الصدقات: باب الترهيب من المسألة و تحريمها مع الغنى: 1240-
Dan dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Bukanlah yang kaya itu dari banyaknya harta benda, akan tetapi yang kaya itu adalah yang kaya hati.” Hadits riwayat Al-Bukhariy (6446) Muslim (1051), Abu Dawud, At-Tirmidziy (2374), An-Nasaiy. “. . .” huruf ‘ain muhmalah dan ro difathah: yaitu setiap yang digumpulkan untuk diri sendiri dari harta dan lainnya.
فوائد الحديث:
فيه شرف هذه الخصال، و فيه الخضوع و اللجأ للكريم الوهاب في سائر الأحوال. و الله تعالى أعلم.
Pada hadits tersebut mengandung kemuliaan perangai, (pelajaran untuk) rendah diri (kepada Allah) serta berlindung kepada Yang Maha mulia Yang banyak memberi dalam setiap hal. Wallahu Ta’ala A’lam. -Raudlatul Muttaqin syarh Riyadush Shalihin: 1: 114,
Mubahatsah Kitab___Riyadush Shalihin | 63
Tidak ada komentar:
Posting Komentar