Powered By Blogger

Jumat, 20 Februari 2015

DAKWAH DOKTRIN TANPA LANDASAN ILMU HANYA AKAN BERUJUNG KESESATAN

Dakwah adalah Dakwah (Arab: دعوة‎, da‘wah; "ajakan") adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan garis aqidah, syari'at dan akhlak Islam. Kata dakwah merupakan masdar (kata benda) dari kata kerja da'a yad'u yang berarti panggilan, seruan atau ajakan.

Kata dakwah sering dirangkaikan dengan kata "Ilmu" dan kata "Islam", sehingga menjadi "Ilmu dakwah" dan Ilmu Islam" atau ad-dakwah al-Islamiyah. (http://id.wikipedia.org/wiki/Dakwah, diakses 21 feb 2015).

Adapun pengertian doktrin /dok·trin/ n 1 ajaran (tt asas suatu aliran politik, keagamaan; 2 pendirian segolongan ahli ilmu pengetahuan, keagamaan, ketatanegaraan) secara bersistem, khususnya dl penyusunan kebijakan negara: dl sejarah Amerika kita kenal -- Monroe (http://kbbi.web.id/doktrin, diakses 21 feb 2015). Dalam definisi lain, DOKTRIN adalah suatu bentuk tindakan mengharuskan/memaksakan bahwa suatu kasus harus diyakini dan dibenarkan seperti apa yang disampaikan. DOKTRIN juga dapat diartikan sumber hukum yang berasal dari para ahli hukum. (http://laksamanaabi.blogspot.com/, diakses 21 feb 2015).

Memperhatikan kedua pengertian di atas menunjukkan bahwa dakwah identik dengan ilmu bukan hanya sekedar ajakan harus begini dan begitu tanpa menjelaskan pijakan ilmu yang digunakan.

alkisah, seorang DKM sebuah mesjid menyampaikan dalam ceramahnya sebuah hadis Rasulullah saw.
...وَأَفْشُوا السَّلاَمَ تَحَابُّوا...
"...sebarkanlah salam agar kalian saling mencintai (menyayangi)..." {Hr. Al-Bukhari pada Kitab Al-Adab Al-Mufrad}.

Seyogyanya, hadis di atas pada kalimat "as-salaam" diartikan salam dengan memperhatikan redaksional hadis tersebut secara utuh. Namun pada kenyataanya DKM tersebut mengartika "as-salaam" pada hadis tersebut dengan makna SYAHADAT ISLAM (Asyhadu allaa ilaaha illallaah wa asyhadu anna muhammadarrosuulullooh), maka pada versi beliau hadis tersebut berarti: "...Sebarkanlah SYAHADAT ISLAM agar kalian saling mencintai...". -Sebuah pemerkosaan makna hadis-.

Setelah diusut, ternyata DKM tersebut merupakan salahsatu Kader Islam Bai'at. Segolongan umat Islam yang mengharuskan seorang muslim melafadzkan syahadat di depan imam (menurut mereka) dengan anggapan tidak kaaffah (sempurna) keislaman seseorang sebelum ia bersyahadat di hadapan imam atau amir.

Sekedar berbagi sedikit pengalaman di atas semoga menjadi pelajaran bahwa DAKWAH DOKTRIN TANPA LANDASAN ILMU HANYA AKAN BERUJUNG KESESATAN, terbukti bahwa penjelasan DKM tersebut adalah sebuah penyesatan ummat.
Suka ·  · 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar